Minggu, 07 Agustus 2011

Serba Serbi Allenatore Gli Azzurri

Posisi timnas Italia selalu menjadi sorotan. Banyak cerita yang ada di baliknya. Apa saja hal-hal unik yang pernah terjadi di posisi kursi kepelatihan Gli Azzurri?
Pozzo Terlama
Sampai sekarang Vittorio Pozzo menjadi pelatih yang paling lama bertahan di Gli Azzurri. Tercatat dia melatih selama 6927 hari. Tak heran dia menjadi salah satu pelatih yang paling terkenal di Italia karena sukses membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 1934 dan 1938.

Tanggal 29 Juni 1912 adalah awal mula Pozzo menjadi allenatore. Meski satu bulan kemudian ia mengundurkan diri, ia kembali dipilih dua kali, yaitu tahun 1924 dan 1929.
Ditangani 8 Orang
Biasanya sebuah tim hanya dilatih oleh satu orang pelatih saja, tapi lain halnya dengan Italia. Negeri spaghetti ini ternyata pernah dilatih oleh sebanyak delapan orang pelatih, yaitu Armano, Goodley, Pasteur, F. Cali, Servetto, Megard, Giovanni Camperio dan Umberto Meazza.
Masa kepelatihan mereka ini terjadi pada tanggal 17 Maret 1912. Yang menarik, kedelapan orang ini hanya menjadi pelatih Gli Azzurri selama satu hari saja.
Enzo Bearzott
Bearzot Terbanyak
Selama 11 tahun masa kepelatihannya, Enzo Bearzot merupakan pelatih yang paling sering mengikuti pertandingan internasional bersama dengan timnas Italia. Total ada sebanyak 104 pertandingan yang telah ia jalani.
Sama seperti Pozzo, Bearzot juga sukses membawa Italia menjuarai Piala Dunia untuk yang ketiga kalinya, yaitu pada tahun 1982.
Kemenangan Terbanyak
Dari 97 pertandingan, Vittorio Pozzo menjadi pelatih yang banyak memberikan kemenangan bagi Gli Azzurri, yaitu 64 kemenangan. Masa ini terjadi dari rentang tahun 1912 hingga 1948.
Kekalahan Tersedikit
Tidak banyak pelatih yang sanggup membawa tim asuhannya terhindar dari kekalahan dengan jumlah sedikit. Tapi lain halnya dengan Marcello Lippi dan Cesare Maldini. Kedua orang ini berhasil membawa Italia hanya mengalami kekalahan sebanyak dua kali saja. Maldini melakukannya pada tahun 1997-1998, sementara Lippi melakukannya pada tahun 2004-2006.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Info Sepakbola Terlengkap Internasional dan Nasional Copyright © 2011 -- Template created by Pusamania -- Powered by Blogger