Kamis, 04 Agustus 2011

Bend It Like Juninho


Siapa pesepakbola yang paling jawara dalam urusan tendangan bebas? Dengan segala hormat kepada David Beckham dan Alessandro del Piero, Juninho Pernambucano bisa dibilang kampiunnya.

Free kick, tendangan bebas, vrije schopfreistosscoup franctiro libre. Terserah Anda mau menyebutnya apa. Inilah salah satu cara terbaik dan terindah untuk mencetak sebuah gol.

Juninho mempertunjukkannya dalam laga perdelapanfinalLiga Champions, Rabu (25/2/2009) dinihari WIB tadi. Dari sisi kiri, tendangan bebas gelandang Olympique Lyon itu meluncur mulus masuk ke gawang Barcelona.

Ini bukan kali pertama Juninho menjebol gawang Barca dengan sepakan bebasnya. November 2007, di fase grupLiga Champions tahun 2007/2008, Juninho juga mencetak gol dengan cara yang sama ke gawang tim Spanyol itu.

Victor Valdes, kiper Barcelona, bukannya tidak belajar dari kesalahannya lebih dari 14 bulan silam itu. Tetapi sepakan bebas memang sudah jadi spesialisasi sekaligus trademark dari Juninho.

Menurut data yang dilansir FIFA, gol ke gawang Valdes dinihari tadi adalah gol ke-43 Juninho bagi Lyon yang dicetak melalui prosedur tendangan bebas. Ini sekaligus gol free-kick ke-17 dia di Liga Champions.

Berbeda dengan tendangan bebas Beckham atau Del Piero yang bergaya melengkung, pemain 34 tahun itu punya cara sendiri yang kerap disebut 'knuckleball'. Juninho menyepak bola dengan knuckle alias punggung jari kakinya. Efek yang ditimbulkan adalah bola tidak terlalu berputar, tetapi memiliki pergerakan yang tidak terduga sehingga sulit diamankan oleh penjaga gawang.

Jarak jangkauan tendangan bebas ala Juninho ini sangat bervariasi. Bisa dari jarak 17 meter atau sedikit di luar kotak penalti, hingga ke jarak 48 meter alias nyaris setengah panjang lapangan sepakbola.

Cara menendang pemain Brasil ini menginspirasi pemain-pemain lain untuk menirunya. Cristiano Ronaldo dan Andrea Pirlo barangkali cukup sukses mengimitasi cara serupa, tetapi tetap saja tak ada yang lebih konsisten untuk mencetak gol dengan tendangan bebas seperti Juninho.

Meski reputasi Juninho kalah tenar karena ia 'hanya' membela Lyon yang berada di Prancis, tetap saja, setiap lawan Lyon yang melakukan pelanggaran tentu akan cemas karena ada di sana ada kampiun tendangan bebas, Juninho.

Bila tendangan bebas Beckham dulu menginspirasi film berjudul Bend It Like Beckham, mungkin perlu dipikirkan untuk membuat film serupa bertajuk Bend It Like Juninho.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Info Sepakbola Terlengkap Internasional dan Nasional Copyright © 2011 -- Template created by Pusamania -- Powered by Blogger